Membaca yang tidak dibaca

1 Yohanes 2:21 Aku menulis kepadamu, bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu mengetahuinya dan karena kamu juga mengetahui, bahwa tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran.

Gerakan Millerite

Di New York Amerika serikat, seorang pendeta gereja Baptis bernama William Miller  (1782-1849) memimpin sebuah kelompok yang menyelidiki Kitab Daniel 8 yang berhubungan dengan nubuatan Daniel tentang 2300 petang dan pagi. Dia menubuatkan bahwa Yesus akan datang tahun 1834. Nubuatanya tidak terbukti. Kemudian dia mengubah nubuatanya bahwa Yesus akan datang ke bumi pada tanggal 22 Oktober 1844

Setelah menunggu dengan penuh keyakinan,hari itupun berlalu tanpa suatu kejadian yang diharapkan. Belakangan pengikut-pengikut Gerakan Miller ini menyadari bahwa mereka telah keliru menafsirkan hari kedatangan kembali Yesus, dan menyebut hari yang mereka harapkan Yesus akan datang sebagai ” Hari Kekecewaan besar “. William Miller menyadari kesalahanya dan mengundurkan diri dari gerakan tersebut. Namun seorang pengikutnya bernama Ellen G White justru menubuatkan hal yang lainya. Dia mengatakan bahwa nubuatan Miller memang benar bahwa tanggal 22 oktober 1844 Kristus sudah datang namun Dia tidak turun ke dunia melainkan masuk kedalam ruang maha suci.

Sekitar 20 tahun pengikut-pengikut Miller tersebar di Amerika Serikat tanpa terorganisir. Pada tanggal 23 Mei 1863 Pengikut-pengikut Gerakan Miller ini dipimpin oleh James White, Ellen G White, dan Joseph Bates, secara resmi membentuk organisasi gereja yang bernama General Conference of Seventh-day Adventists di Battle Creek Michigan. Gereja Advent masuk ke Indonesia pada tahun 1901 di Padang Sumatera Barat.

Ellen G White (1827-1915)

Ellen White terlahir dengan nama Ellen Harmon bersama Elizabeth Harmon sebagai anak kembar pada tanggal 26 november 1827, dari pasangan Uenice dan Robert Harmon. Ellen Harmon menikah dengan James White Agustus 1846 dan menjadi Nyonya Ellen G White.

Sepanjang hidupnya ia telah menulis puluhan ribu artikel dan 40 buah buku. Adventis percaya bahwa ia bukan hanya sekedar penulis yang berbakat,tetapi juga adalah pembawa pesan khusus yang ditunjuk Tuhan. Adventis percaya bahwa Ellen White diberikan karunia bernubuat oleh Tuhan. Adventis menempatkan karunia nubuat dari Ellen white sebagai dasar kepercayaan 18.

Karunia Nubuat (dasar kepercayaan 18)

Salah satu karunia Roh Kudus adalah karunia nubuat yang diwujudkan dalam pelayanan Ellen G. White.Tulisan-tulisannya merupakan sumber kebenaran yang berwewenang, yang terus memberi hiburan, bimbingan, petunjuk dan perbaikan kepada gereja. Tulisan tersebut juga memperjelas bahwa Alkitab adalah standar semua ajaran.

Itulah isi dari dasar kepercayaan 18 gereja Adventis.

Kewajiban untuk menguji

1 Tesalonika 5:21 Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

1 Yohanes 4:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Nubuat harus diuji kebenaranya.

Dalam menilai Nubuatan kita harus berdasar kepada Alkitab. Alkitab memiliki tempat yang lebih tinggi daripada Nubuatan dan Penglihatan seseorang. Alkitablah sebagai satu-satunya standard kebenaran. Oleh karena itu kita harus belajar baik-baik Firman Tuhan, agar kita mengerti dan bisa membedakan apakah suatu nubuatan dan penglihatan itu benar-benar dari Tuhan.

Nubuat yang datang dari Allah tidak akan meleset, karena Kuasa Allah itu pasti. Adalah kewajiban setiap orang Kristen untuk juga menguji nubuat dan penglihatan .Hal ini sangat penting untuk kita sadari, sebab banyak orang Kristen yang mengaku menerima nubuat dan penglihatan langsung ditelan begitu saja tanpa mengujinya.

Nubuat dan penglihatan tidak boleh bertentangan dengan Firman yang telah tertulis dalam Alkitab. Jika nubuat dan penglihatan bertentangan dengan Alkitab, maka nubuat dan penglihatan itu bukan dari Allah. Allah tidak mungkin bertentangan dengan diri-Nya sendiri. Allah tidak mungkin membatalkan dan melawan firman yang telah ditetapkan-Nya sendiri dalam Alkitab.

Ulangan 18:22 apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya.”

MENGUJI NUBUAT DAN AJARAN ELLEN G WHITE

Dalam bukunya The great controversy hal 521 Ellen White berkata “ Seluruh Alkitab harus diberikan kepada orang apa adanya sebagaimana yang dapat dibaca. Adalah lebih baik bagi mereka tidak memiliki pengajaran Alkitab samasekali, daripada memiliki pengajaran yang tidak sesuai dengan apa yang dikatakan Alkitab “

Kata-kata Ellen White diatas adalah benar dan tepat. Oleh karena itu marilah kita melihat apakah nubuat dan pengajaranya sesuai dengan apa yang dikatakanya diatas.

Seperti yang telah dibahas diatas, bahwa Ellen G White ( EW )telah menuangkan ajaran-ajaranya dalam 40 buah buku yang dapat kita baca saat ini. Dalam buku-buku tersebut dia menuliskan banyak kejadian-kejadian nubuat yang diakuinya berasal dari Tuhan, yaitu antara lain :

Masa depan Yerusalem

Dalam buku early writings hal 75, EW menubuatkan bahwa kota Yerusalem tidak akan pernah dibangun kembali.

Kenyataanya sejak Negara Israel berdiri pada tahun 1948 sampai saat ini kota Yerusalem telah dibangun kembali. Dengan demikian nubuatanya tidak terbukti.

Inggris akan menyerang Amerika pada tahun 1862

Dalam buku testimony of the church vol I hal 259 , EW menubuatkan bahwa Inggris akan mengumumkan perang dan menyerang Amerika dalam perang saudara pada tahun 1862

“ Amerika akan rata dengan tanah “ ujarnya.

Sejarah Amerika dengan jelas mencatat bahwa Inggris tidak pernah menyatakan perang dengan Amerika dalam perang saudara di Amerika, dan Amerika tidak pernah rata dengan tanah melainkan menjadi Negara adikuasa sampai saat ini. Kembali nubuatnya tidak terbukti.

Hari dan jam waktu kedatangan Yesus

Dalam buku Early writings hal 15, EW menubuatkan “segera kita akan mendengar suara Tuhan seperti air bah yang akan menyatakan hari dan jam kedatangan Yesus “

Dalam buku The great controversy hal 640, EW kembali menubuatkan hal yang sama bahwa suara Tuhan terdengar dari surga menyatakan hari dan jam kedatangan Yesus dan membawa perjanjian terakhir bagi umat-Nya.

Dalam buku Selected messages bab I hal 76, EW menubuatkan bahwa dia mendengar suara Tuhan berkata tentang jam kedatangan Tuhan Yesus tetapi ketika dia keluar dari penglihatanya,dia lupa jam berapa Yesus akan datang.

Yesus akan segera datang pada tahun 1850

Dalam buku Early writings hal 64 EW menulis bahwa pada tanggal 27 juni 1850 malaikat yang mendampinginya berkata “ Waktu sudah hampir habis “ kata malaikat itu “ Bersiaplah,bersiaplah “. Didalam buku yang sama pada hal 64 EW menambahkan bahwa hanya beberapa bulan dari saat itu Yesus akan datang.

Adventis yang hidup pada tahun 1856 akan hidup dan melihat kedatangan Yesus.

Dalam buku testimony for the church vol I hal 131-132, dalam pertemuan di Batlle creeck Michigan pada bulan mei 1856 EW menubuatkan “ sebagian yang hadir dalam meeting akan menjadi makanan bagi cacing-cacing,dan sebagian lagi akan hidup “

Sayang sekali sampai Ellen White mati di rumahnya di St Helena California pada 16 juli 1915 dan dikuburkan di Batlle creek Michigan 8 hari kemudian, bahkan sampai saat ini, Yesus belum juga datang. Pertanyaanya, lalu suara siapakah yang didengarnya yang dicatat dalam buku-buku tersebut diatas ? apakah yang didengarnya suara iblis ataukah Ellen White berbohong alias menipu umatnya para Adventis ? karena terbukti bahwa bukanlah suara Tuhan yang didengarnya.

Tentang hari kedatangan Tuhan Alkitab mengajarkan :

Matius 24:36 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri.”

Alkitab dengan jelas berkata bahwa malaikat di sorga, bahkan Tuhan Yesus sendiripun, tidak tahu kapan hari kedatangan-Nya akan tiba. Bagaimana mungkin manusia biasa seperti Ellen white dan kita bisa mengetahuinya ? Sudah jelas orang-orang yang berkata mengetahui waktu kedatangan Yesus adalah pembohong dan penipu.

Yesus bukanlah perantara bagi Allah dan manusia yang bukan Adventis.

Dalam buku Early writings hal 261, EW menubuatkan bahwa dia melihat “ seperti Yahudi menyalibkan Yesus, demikian pula gereja lain telah menyalibkan pesan ini, dengan demikian mereka tidak memiliki pengetahuan akan jalan menuju ke tempat paling suci, dan mereka tidak akan mendapatkan manfaat dari Yesus sebagai perantara disana.”

Alkitab berkata :

Ibrani 7:25 Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.

Alkitab dengan jelas berkata bahwa Yesus sanggup menyelamtkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah karena Yesus hidup senantiasa sebagai pengantara antara Allah dan Manusia. Ellen White hanya menakut-nakuti orang lain agar bergabung dengan gerejanya.

Pada hari-hari terakhir manusia,agar selamat,harus meninggalkan gereja NON Adventis

Dalam buku Early writings hal 261, EW menubuatkan bahwa dia melihat Tuhan berterus terang bahwa diantara anak gereja Adventis dan gereja yang telah jatuh (gereja lainya) akan dipanggil keluar dari gereja-gereja ini, dan menerima kebenaran dengan sukacita. “ Semua yang jujur akan meninggalkan gereja-gereja yang telah jatuh dan bergabung dengan Adventis “

Tidak ada satupun ajaran Alkitab yang berkata bahwa kebenaran berasal dari gereja,apalagi gereja Adventis yang dibangun diatas landasan kebohongan dan penipuan dari Ellen G White. Alkitab berkata Keselamatan hanya melalui Yesus kristus saja.

Yesus tidak ada disebelah kanan Allah Bapa sampai tahun 1844.

Dalam buku Christ in His sanctuary hal 98, Early writings hal 252-253 dan Great controversy hal 480, EW menubuatkan bahwa dia melihat Yesus tidak ada disebelah kanan Allah Bapa sampai tahun 1844.

“ Setelah selesai melakukan tugasnya dibumi Yesus memasuki Ruang suci dan menutup pintu ruanganya sampai tahun 1844.”

Alkitab berkata :

Kis 7:55 Tetapi Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah.

Ibrani 10:12 Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah,

1 Petrus 3:22 yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya.

Alkitab Dengan jelas berkata bahwa setelah selesai melakukan tugas-Nya dibumi,Yesus naik kesorga dan duduk disebelah kanan Allah. Lalu bagaimana mungkin Ellen white berkata bahwa dia melihat Yesus tidak ada disebelah kanan Allah ? Apakah Alkitab kita salah ? atau Ellen White yang berbohong ? silahkan anda merenunginya.

Tuhan mengirim malaikat untuk menjadi lawan Kain

Ketika hati Kain menjadi panas karena persembahanya tidak diterima Tuhan melainkan persembahan Habel maka Tuhan mengirim malaikat untuk menjadi lawan Kain.

Dalam bukunya Spiritual gift vol 3 hal 48-49, EW menubuatkan bahwa Tuhan mengirim malaikat untuk berbicara kepada Kain “ Malaikat menanyakan kepadanya alasan mengapa dia marah, dan menginformasikan kepadanya apabila dia melakukan dan mengikuti petunjuk Tuhan dengan benar, Tuhan akan menerima dan menghormati persembahanya “ … “ Malaikat berkata kepada Kain bahwa tidak ada ketidakadilan dalam sisi Tuhan,atau sikap keberpihakan Tuhan kepada Habel”

Alkitab berkata :

Kejadian 4:5-7 tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram. Firman TUHAN kepada Kain: “Mengapa hatimu panas dan mukamu muram ? Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik ? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.”

Dengan demikian jelas bahwa Tuhan tidak mengirim malaikat untuk berbicara dengan Kain melainkan Tuhan sendirilah yang berbicara pada Kain.Alkitab kitakah yang salah,atau Ellen white kembali berbohong ?

Menara Babel ada sebelum air bah

Dalam bukunya Spiritual gifts vol 3 hal 301, EW menulis bahwa Tuhan pertama kali menciptakan sistem penyembahan korban bakaran kepada Adam setelah kejatuhanya dalam dosa. Sistem ini telah dirusakan oleh mereka yang memisahkan diri mereka sendiri dari kepercayaan pengikut Tuhan dan bersekutu dalam pembangunan menara Babel,sebelum air bah.

Alkitab berkata dalam Kejadian 10:32 – 11:4 bahwa menara Babel dibangun sesudah air bah oleh keturunan Nuh yaitu keturunan dari anak-anaknya Sem, Ham dan Yafet.

Meterai dari Allah adalah Sabath

Dalam bukunya Testimonies for the Church, Vol.8 hal 117, Seventh day Adventis Bible Commentary  hal 977 dan Seventh day Adventis Bible Commentary hal 980, EW menulis bahwa Tuhan telah menetapkan sabath hari ketujuh sebagai meterai dan meterai dari Tuhan berlaku bagi mereka yang secara bersungguh-sungguh melakukan sabath Tuhan.

Alkitab berkata :

Efesus 1:13 Di dalam Dia kamu juga—karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu—di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.

Efesus 4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

2 Korintus 1:21-22 Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi, memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita.

Alkitab dengan jelas berkata bahwa meterai dari Allah adalah Roh kudus bukan sabath. Ellen White sengaja mengajarkan ajaran salah untuk mendukung gerejanya sebagai gereja hari ketujuh yaitu hari sabath Tuhan.

Iblis menanggung dosa kita

Dalam bukunya The great controversy hal 422 dan 455 serta Testimoni of the church vol 5 hal 475, EW Menubuatkan bahwa dosa kita akan ditanggung oleh si penyebab kesalahan alias iblis si pendakwa dan pencipta dosa.

“ Sebagai imam,dalam memindahkan dosa kita dari bait suci surga,yang telah mengakui dosa mereka diatas kepala penyebab dosa,maka Yesus akan menempatkan semua dosa ini diatas iblis,pendakwa dan pencipta dosa”

Alkitab berkata :

1 petrus 2:24 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

Alkitab dengan jelas mengajarkan bahwa dosa kita telah ditanggung oleh Yesus Kristus dalam tubuh-Nya di kayu salib. Tidak ada ajaran dalam Alkitab yang menyatakan bahwa dosa manusia akan ditanggung iblis.Iblislah yang mengajarkan seperti itu.

Tidak ada dosa yang dihapuskan sebelum 22 oktober 1844

Dalam bukunya Christ in His sanctuary hal 122 dan The great controversy hal 485, EW menubuatkan bahwa tidak ada dosa yang dihapuskan sebelum tanggal 22 oktober 1844.

“ Ketika waktu ditetapkan untuk penghakiman – mendekati 2300 hari dalam tahun 1844 – Dimulailah pekerjaan investigasi dan penghapusan dosa “

” Adalah tidak mungkin dosa dihapuskan sampai sebelum waktu penghakiman, dimana kasus mereka akan di investigasi…ketika investigasi penghakiman ditutup, Yesus akan datang “

Alkitab berkata :

Yesaya 43:25 Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.

1 Yohanes 2:12 Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, sebab dosamu telah diampuni oleh karena nama-Nya.

Kisah Rasul 13:38 Jadi ketahuilah, hai saudara-saudara, oleh karena Dialah maka diberitakan kepada kamu pengampunan dosa.

Hari penghakiman pada tanggal 22 oktober 1844 itulah hari “ kekecewaan besar ” dimana Yesus yang dinubuatkan akan datang ternyata tidak datang.Itulah juga hari yang dinubuatkan Ellen White sebagai hari penghakiman. Alkitab dengan jelas berkata bahwa dosa kita telah diampuni oleh karena nama-Nya,dan hari penghakiman tanggal 22 oktober 1844 itu hanyalah kebohongan Ellen White.

Keselamatan berdasarkan perbuatan

Dalam bukunya child guidance hal 13, EW mengajarkan bahwa keselamatan berdasarkan perbuatan.

“ Kau telah melalaikan pekerjaan rumah.Kau telah gagal melaksanakan pekerjaan yang dapat memasukan jiwa kedalam rumah di surga, kau tidak bisa masuk “

Alkitab berkata :

Efesus 2:8-9 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Roma 3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

Roma 3:27-28 Jika demikian, apakah dasarnya untuk bermegah? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman! Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.

Alkitab berkata bahwa keselamatan hanya berdasarkan kasih karunia oleh iman dan bukan hasil pekerjaan kita.Ellen White kembali berbohong.

Orang Kristen akan berdiri dihadapan Allah tanpa perantaraan kristus.

Dalam bukunya testimony for the church vol 2 hal 191 dan The great controversy hal 425, EW mengajarkan bahwa orang Kristen akan berdiri dihadapan Allah tanpa Kristus sebagai mediator.

“ Bagi mereka yang hidup dimuka bumi ketika perantaraan kristus telah berhenti ditempat bait suci surga diatas, akan berdiri disamping Tuhan tanpa mediator “

Alkitab berkata :

Ibrani 7:25 Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.

Matius 28:20b …Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Ibrani 13:5b …Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Ellen white menubuatkan bahwa Tuhan Yesus telah memasuki ruang di bait suci surga pada tanggal 22 oktober 1844 dan itulah hari penghakiman dimulai,maka sejak saat itu tidak ada lagi perantaraan kristus. Alkitab dengan jelas berkata “ Aku akan menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman “

Tuhan membentuk dewan penasehat untuk memutuskan apa yang akan dilakukan.

Dalam buku spiritual gifts vol 3 hal 44, EW menubuatkan bahwa :

“ kabar tentang kejatuhan manusia dalam dosa menyebar ke seluruh pelosok sorga ketika kecapi berhenti. Para malaikat melemparkan mahkota mereka dengan sedih… Sebuah dewan dibentuk Tuhan untuk memutuskan apakah yang harus dilakukan terhadap pasangan yang bersalah ”

Alkitab berkata :

Yesaya 40:13-14 Siapa yang dapat mengatur Roh TUHAN atau memberi petunjuk kepada-Nya sebagai penasihat ? Kepada siapa TUHAN meminta nasihat untuk mendapat pengertian, dan siapa yang mengajar TUHAN untuk menjalankan keadilan, atau siapa mengajar Dia pengetahuan dan memberi Dia petunjuk supaya Ia bertindak dengan pengertian ?

Ini sama dengan penghinaan terhadap Tuhan karena merendahkan Tuhan sebagai pencipta yang maha segala-galanya. Apakah Tuhan yang maha segala-galanya perlu mendengarkan nasihat dari sebuah dewan yang terdiri dari ciptaan-Nya untuk mengambil keputusan ? Penghinaan terhadap Tuhan adalah dosa yang tidak bisa diampuni.

Menjiplak kata-kata dalam buku orang lain( Plagiarisme )dan mengaku sebagai penglihatan yang dinubuatkan Tuhan.

Dalam buku testimony for the church vol 3 hal 141 yang terbit tahun 1872, EW dengan jelas telah ketahuan menjiplak kata-kata dalam buku Philoshophy of health : Natural principal of health and cure yang ditulis oleh L.B.Coles ( Boston:Wiliam D Ticknor and company cetakan 1849,1851,1853 hal 144-145 ) Yang mungkin tersimpan dalam rak buku dirumahnya,yang kemudian oleh EW ditulis sebagai penglihatan yang disingkapkan oleh Tuhan.

Inilah tulisan itu :

Orang tua juga berada dibawah kewajiban untuk mengajar dan mewajibkan anak-anak mereka untuk menyesuaikan diri dengan aturan jasmani untuk kepentingan mereka sendiri…adalah aneh dan tidak bertanggung jawab apabila para ibu mencintai anaknya sedemikian rupa sehingga menuruti kehendak sang anak kedalam apa yang menyebabkan akan merugikan kebahagaiaan hidup mereka…Para manager dan guru-guru sekolah. Philoshophy of health : Natural principal of health and cure. Hal 144-145 terbitan tahun 1849,1851,1853

Bandingkan dengan tulisan EW yang dinyatakannya sebagai penglihatan.

Saya diperlihatkan bahwa sebuah penyebab besar dari sikap pendirian tercela yang ada dari sesuatu ialah, Orang tua tidak merasa berada dibawah kewajiban untuk membawa anak mereka untuk menyesuaikan diri dengan aturan jasmani…Para ibu mencintai anaknya dengan cinta yang berlebihan dan menuruti kehendak dan nafsu sang anak sementara mereka tahu bahwa itu akan merugikan kesehatan mereka dan membawa mereka kepada penyakit dan ketidakbahagiaan dalam hidup mereka…Para manager dan guru-guru sekolah. Testimonies for the Church, Vol. 3, p. 141, 1872.

Mengakui tulisan orang sebagai tulisan sendiri adalah kejahatan yang memalukan bagi manusia lainya, Tetapi menjiplak tulisan orang kemudian menyebutnya sebagai penglihatan dari Tuhan adalah perbuatan menghina Tuhan. Dalam hal ini Ellen White telah bersalah kepada manusia dan juga Tuhan. Inilah seorang Ellen White pendiri gereja Advent yang dipercaya oleh Adventis sebagai pembawa pesan khusus dari Tuhan.

ELLEN WHITE MENENTANG AJARANYA SENDIRI

Kebenaran adalah konsisten. Ajaran yang bertentangan dengan dirinya sendiri bukanlah kebenaran.

Alkitab berkata :

Masmur 119:89 Untuk selama-lamanya, ya TUHAN, firman-Mu tetap teguh di sorga.

Mari kita melihat ajaran-ajaran Ellen white yang menentang dirinya sendiri :

Ke-Tuhan-an Yesus

Dalam buku Seventh-day Adventis bible commentary vol. 7 hal 907, EW menulis bahwa “ Sifat ketuhanan Yesus tenggelam dan menderita di Calvary “

Dalam buku Seventh-day  Adventist  Bible Commentary, Vol. 5 hal. 1129, Ew menuliskan hal yang sebaliknya “ Sifat ketuhanan Yesus tidak menderita dan tenggelam di Calvary, meskipun demikian kebenaran itu,bahwa Allah sangat mengasihi dunia ini,sehingga diberikan-nya anaknya yang tunggal,sehingga yang percaya kepadanya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal “

Manakah yang akan diikuti oleh para Adventis ? menderita atau tidak menderita ?

Tuhan dan anak-anak

Dalam bukunya An appeal to youth hal. 42 dan 62 cetakan 1864, EW menulis :

“ Tuhan mengasihi anak yang jujur dan tidak mengasihi anak yang tidak jujur. ingatlah bahwa Tuhan melihatmu dan tidak akan mengasihimu bila engkau melakukan kesalahan

Dalam bukunya Signs of the time terbitan 15 februari 1892, EW menulis hal yang sebaliknya :

“ Tuhan mengasihi anak-anak ketika mereka melakukan kesalahan. Jangan mengajarkan anak anda bahwa Tuhan tidak akan mengasihi mereka ketika mereka melakukan kesalahan

Ketika membaca kedua hal tersebut diatas saya benar-benar bingung, manakah yang akan Adventis ikuti. Dia yang mengajarkan seperti itu, kemudian dia bilang jangan mengajarkan seperti itu.ini persis dengan iklan rokok Plintat Plintut.

Daging Babi

Dalam bukunya Testimonie of the church vol.I hal 206-207,EW menulis:

Daging babi adalah makanan bergizi dan memberi kekuatan. Siapa yang bekerja dengan tanganya harus memelihara kekuatanya untuk melayani pekerjaanya…mereka harus memakan makanan bergizi untuk meningkatkan kekuatanya ”

“ Aku melihat (Penglihatan EW) bahwa daging babi tidak akan terbukti mendatangkan kecelakaan bila anda memakannya “

Dalam bukunya Selected Message bab 2 hal 417, EW menulis hal sebaliknya :

“ Daging babi meskipun adalah salah satu makanan yang paling digemari, adalah salah satu yang paling berbahaya ”

Dalam bukunya testimonie for the church vol 2 hal 94 EW menulis “ Jangan pernah menaruh diatas mejamu satu potongpun daging babi “

Katanya Penglihatan dari Tuhan, Memakan daging babi tidak akan mendatangkan kecelakaan. Lalu kenapa kemudian mengatakan bahwa daging babi paling berbahaya? Apakah Firman Tuhan berubah-ubah ? Tentu tidak ! Firman Tuhan adalah Ya dan Amin.

Mengenai makanan Alkitab berkata :

Markus 7:19 karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?” Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal.

1 Korintus 8:8 “Makanan tidak membawa kita lebih dekat kepada Allah. Kita tidak rugi apa-apa, kalau tidak kita makan dan kita tidak untung apa-apa, kalau kita makan.”

1 Korintus 10:25-26 Kamu boleh makan segala sesuatu yang dijual di pasar daging, tanpa mengadakan pemeriksaan karena keberatan-keberatan hati nurani. Karena: “bumi serta segala isinya adalah milik Tuhan.”

1 Timotius 4:1-5 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka. Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran. Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur, sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa.

Roma 14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

Alkitab dengan jelas mengajarkan bahwa semua makanan halal. Kita boleh makan semua yang ada dipasar daging karena kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman Bagi orang-orang yang mengajarkan bahwa sesuatu makanan haram, maka itulah mereka yang dimaksudkan oleh 1 Timotius 4:1-5 sebagai mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan oleh tipu daya pendusta-pendusta seperti Ellen G White.

Pintu keselamatan

Dalam suratnya untuk Joseph Bates 13 juli 1847( White estate :Letter B-3 1847 ) EW mengatakan bahwa dia mendapatkan penglihatan bahwa pintu keselamatan telah ditutup pada tahun 1844,ketika dia sedang melakukan meeting bersama James,Israel Dammon dan banyak orang lainya pada pertengahan Februari 1845 di Exeter.Maine

” Banyak orang yang hadir tidak percaya bahwa pintu keselamatan telah ditutup, saya sangat menderita untuk menjelaskan kepada mereka dalam pertemuan itu. Tuhan bekerja dengan kuasanya menempatkan kebenaran dalam hati mereka, banyak dari mereka menjadi percaya dan siap berdiri didepan pintu yang tertutup “

Pernyataan bahwa pintu keselamatan telah tertutup pada tahun 1844 ditulis kembali oleh EW dalam bukunya Present truth hal 21-22 agustus 1849.

Dalam publikasi James white tahun 1847( a word to the “little flock” hal 22 ) James White suami Ellen white menceritakan kembali pengalaman diatas.

Namun dalam bukunya Selected message vol. 1 hal. 63 dan 74 EW menyangkal penglihatanya.

“ Adalah cahaya yang diberikan Tuhan kepada saya untuk memperbaiki kesalahan kita dan membolehkan kita untuk melihat posisi yang sebenarnya “

Benarkah apa yang dilihat Ellen white adalah penglihatan dari Tuhan ? bagaimana mungkin penglihatan dari Tuhan bisa berubah-ubah ? Sedangkan Tuhan mengatakan Firman-nya tetap untuk selama-lamanya ? Hanya satu jawabanya yaitu Ellen white berbohong !

Kesimpulan

Ellen White berkata dalam bukunya :

Pekerjaan saya… mambawa cap dari Tuhan atau cap dari musuh. Dalam hal apapun tidak ada pekerjaan setengah jalan. Kesaksian itu adalah berasal dari Roh Tuhan atau dari setan. Testimonies for the Church Vol. 4 hal 230.

Jika kesaksian-kesaksian itu berbicara tidak sesuai dengan firman Tuhan,tolaklah. Kristus dan iblis tidak bisa bersatu. Testimonies for the Church Vol. 5 hal 691.

Dari hasil ujian kita terhadap beberapa penglihatan dan nubuat dari sekian banyaknya penglihatan dan nubuat lainya yang belum sempat kita bahas, dapatlah kita mengambil kesimpulan bahwa Ellen G White bukanlah seorang pembawa berita dari Tuhan. Nubuat-nubuatnya tidak terbukti dan penglihatan-penglihatanya bertentangan dengan Alkitab, bahkan ada yang jelas-jelas adalah jiplakan dari tulisan orang lain yang diberi label penglihatan dari Tuhan.

Seorang pembawa berita Allah hanya perlu 1 kesalahan dari nubuatanya untuk membuktikan bahwa dia adalah nabi palsu. Sementara Ellen G White telah melakukan begitu banyak kesalahan.

Ulangan 18:22 apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya.”

Dari sekian banyak Nubuatan dari Ellen G White yang sudah terbukti tidak terjadi, dan dari sekian banyaknya pengajaranya yang berasal bukan dari Alkitab,kita tidak ragu lagi bahwa dia adalah nabi palsu. Maka kita tidak perlu gentar untuk memberitakan kepada saudara-saudara kekasih di gereja Adventis bahwa dasar kepercayaan mereka yang berlandaskan nubuatan, penglihatan, pendengaran dan ajaran-ajaran Ellen G White adalah tidak lebih daripada kebohongan dan penipuanya untuk menarik sebanyak-banyaknya jemaat dalam gereja Adventis yang didirikanya bersama dengan suaminya dan Joseph Bates.

Alkitab sebagai standar ajaran

Sebagaimana gereja Adventis mengakui bahwa Alkitab adalah standart ajaran, maka sudah saatnya Gereja Adventis hidup dengan tanpa dasar kepercayaan dari Ellen G White yang adalah jelas nabi palsu pembohong dan penipu. “ Salah satu cara iblis mengacaukan jemaat adalah dengan mengajarkan hal-hal yang tidak diajarkan oleh Alkitab sebagai ajaran Alkitab “ (1)

Alkitab berkata :

1 Timotius 4:1 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan

1 Timotius 4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.

Tidak ada manusia yang sempurna, demikian juga tidak ada gereja yang benar 100%. Namun bila kita menempatkan Alkitab sebagai standart ajaran, maka kita masih bisa merevisi ajaran-ajaran yang menyimpang dan tidak berasal dari ajaran Alkitab. Gereja Advent harus merevisi ajaran-ajaran Ellen white.

Matius 24:24-25 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga. Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.

Keputusan ada di hati anda

Berdasarkan pengujian dan bukti-bukti yang kita temukan bahwa memang kesaksian-kesaksian Ellen G white bukanlah berasal dari Tuhan, dan pengajaranya terbukti tidak berasal dari Alkitab, anda berhadapan dengan sebuah keputusan yang merupakan keputusan yang sangat penting dalam kehidupan anda. Tidak ada yang lebih penting daripada sebuah keputusan untuk mengikuti kebenaran, apapun resiko yang akan dihadapi.

1 Yohanes 2:21 Aku menulis kepadamu, bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu mengetahuinya dan karena kamu juga mengetahui, bahwa tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran.

Amin

4 Comments

Filed under Ajaran Kristen

4 responses to “Membaca yang tidak dibaca

  1. sisi

    dusta samua itu tulisan diatas

    • 2 Timotius 4 : 3-4 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.

  2. Christian Steven Purukan

    Thanx Bro, sangat informatif dan mencerahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s