DUNAMIS GMIM = GERAKAN SAKIT HATI DAN TIDAK TRANSPARAN

Didalam sejarah PRMI nama Dennis Bennet dan Louis evans yang merupakan tokoh-tokoh gerakan kharismatik tahun 1960 tercatat sebagai contoh atau pelopor gerakan yang melahirkan organisasi yang dibentuk di Oklahoma pada bulan mei 1966 dengan nama Presbyterian Pastor Charismatic Comunion ini. Organisasi ini dipimpin oleh Brick Bradford.

Karena gerakan ini juga melibatkan bahkan juga menargetkan jemaat Presbyterian awam,maka akhirnya namanya dirubah menjadi Prebyterian Charismatic Communion ( PCC ).Pada perkembangan selanjutnya karena ada anggota dan simpatisan yang bergabung berasal dari gereja reformed,maka pada tahun 1984 namanya kembali berubah menjadi Prebyterian & Reformed Renewal Ministries International.Pada tahun 1989 Brick Bradford pensiun dan digantikan oleh Dr Zeb Bradford Long memimpin PRMI.

PRMI bukanlah gereja dan juga bukan denominasi,melainkan sebuah organisasi nirlaba yang berkedudukan di Kanada,Inggris dan Amerika serikat.

Sebagaimana gereja-gereja aliran pentecostal dan kharismatik yang mengakui 3 gerakan atau 3 gelombang pencurahan Roh kudus,yaitu :

1. Gerakan Pantekosta klasik yang muncul di Topeka tahun 1900an dengan salah satu tokohnya yaitu Charles Fox parhan.

2. Gerakan hujan akhir ( Latter Rain movement )  yang muncul tahun 1950an dan dianggap bidah oleh gereja-gereja sidang jemaat Allah waktu itu.dengan salah satu tokohnya Morris Cerullo

3. Third wave pentecostal ( gelombang ketiga pencurahan Roh kudus ) tahun 1980an.dengan salah satu tokohnya Peter Wagner,

Demikian juga halnya  dengan PRMI dibawah Dr Brad long percaya ajaran Peter Wagner mengenai gelombang ketiga pencurahan Roh kudus.Tulisan Peter Wagner mengenai Third Wave Pentecostal juga dikutip oleh PRMI dalam perjalanan sejarah organisasi ini.

Dalam salah satu tulisan pada bagian lain yang bercerita tentang program dunamis yang diajarkan di GMIM,Dr Brad Long mengaku terus terang bahwa dia SAKIT HATI karena program dunamis yang dibawa oleh PRMI ternyata tidak mendapat sambutan positif dikalangan gereja-gereja arus utama di Amerika,Inggris dan Kanada.Namun lainya halnya negara-negara tersebut yang menjadi tempat bagi para petinggi GMIM menimba ilmu teologia untuk jenjang Doktor,di sini justru terjadi hal yang sebaliknya bahwa para petinggi GMIM menyetujui program ini diajarkan di GMIM.Kenapa hal ini bisa terjadi ? Kenapa program yang kontroversial ini bisa lolos di ketuk palu dalam sidang pengambilan keputusan di aras Sinodal ? Kenapa PRMI yang 100 % adalah gerakan kharismatik ini bisa diijinkan untuk diajarkan di GMIM . Karena ternyata banyak petinggi GMIM tidak lagi melihat dan mempelajari apa itu PRMI yang sebenarnya dan ada praktek-praktek culas dan tidak transparan yang dijalankan oleh petinggi GMIM yang membawa program ini masuk kedalam GMIM.Banyak pendeta kemudian menyadari dan mengakui bahwa mereka kecolongan karena percaya saja bahwa PRMI adalah lembaga resmi yang ada hubunganya dengan gereja kita.

Dari ulasan kita mengenai sejarah organisasi dan proses pengambilan keputusan mengenai program diunamis di GMIM ini,kita bisa melihat bahwa ternyata ada hal-hal terselubung dan tidak transparan yang dilakukan oleh OKNUM petinggi Sinode yang berusaha meloloskan program ini.

Mengingat salah satu syarat PRMI bahwa untuk bisa menghadirkan Dr Brad Long dkk harus membayar sejumlah uang muka sebagai biaya akomodasi dari tim ini,lalu kemudian membayar sisanya setelah program selesai dijalankan,maka kami menyarankan agar program dunamis di AUDIT dan diumumkan kepada jemaat berapa sebenarnya biaya yang telah dikeluarkan oleh Sinode dalam menjalankan program ini sebab jemaat perlu tahu dan berhak mendapatkan informasi apakah uang jemaat telah digunakan sesuai dengan keperluanya atau justru telah dimanfaatkan oleh OKNUM-OKNUM petinggi GMIM untuk memperkaya diri sendiri.

Mengingat juga bahwa banyak jemaat yang telah menolak pendeta mereka yang telah mengikuti dan mempraktekan ajaran dunamis dalam gereja mereka,maka adalah hal yang bijaksana apabila program ini dihentikan saja karena telah meresahkan warga GMIM.

1 Comment

Filed under Uncategorized

One response to “DUNAMIS GMIM = GERAKAN SAKIT HATI DAN TIDAK TRANSPARAN

  1. dan supaya GMIM mengenal Pribadi YEsus Yang sebenarnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s